Ini 5 Cara Praktis Membuat Bawang Goreng Enak, Renyah dan Tahan Lama Yang Harus Bunda Ketahui!

dapurbunda77 - Untuk bunda yang gemar dengan bawang goreng seperti aku ini, biar lebih hemat dan sehat, coba bunda bikin bawang goreng sendiri di rumah. Karena membuat bawang goreng yang enak dan renyah ini, jika bunda tahu cara memasaknya akan mudah. Dan jika bunda tidak tahu step by stepnya membuat bawang goreng ini pasti akan menghasilkan bawang goreng yang gosong, berminyak atau menjadi lembek. Dan berikut di bawah ini beberapa tips yang harus bunda ketahui ketika membuat bawang goreng yang enak dan renyah.


1. Pilih Bawang Merah Yang Berkualitas


Ketika bunda mau membuat bawang goreng, pilih bawang merah yang masih segar dan berkualitas, serta dengan ukuran bawang yang besar atau sedang. Jang sekali-kali pakai bawang yang kecil dan yang sudah layu.

2. Iris bawang merah secara tipis-tipis


Irisan bawang yang terlalu tebal akan membuat bawang goreng menjadi lembek dan tidak renyah. Jika memungkinkan gunakanlah alat pengiris bawang supaya hasil irisannya tipis dan rata.

3. Tambahkan sedikit tepung maizena dan garam pada bawang yang sudah di iris tipis


Untuk tahapan ini jangan sampai bunda lewatkan ketika membuat bawang goreng, Apabila bawang merah sudah diiris-iris secara tipis, tambahkan sedikit garam, lalu biarkan beberapa saat agar meresap dulu garamnya. Setelah itu baru bunda taburi dengan sedikit tepung maizena. Kira-kira untuk 1 kilo gram bawang merah membutuhkan maizena sebanyak 1 sampai 1.5 sendok tepung maizena aja, dan diamkan menit kemudian goreng di atas api kecil. Insaalloh akan menghasilkan bawang goreng yang gurih, enak dan renyah.

4. Gunakan api kecil ketika menggoreng


Bawang merah yang di iris tipis apabila di goreng akan mudah gosong apabila di goreng dengan minyak yang terlalu panas. Maka dari itu pastikan pada saat bunda menggoreng menggunakan api paling kecil. Dan ketika bawang mulai di goreng, aduk-aduk dengan cepat secara perlahan, hingga bawang mulai menguning segera bunda angkat, dan jangan sampai telat dalam mengangkat sebab bawang akan bertambah menguning sesaat sudah di angkat dari atas wajan.

5. Simpan bawang goreng di dalam wadah yang tertutup dan kedap udara


Bawang goreng yang matang segera tiriskan minyaknya lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara agar tidak mudah melempem, dan pastikan sebelum di masukan kedalam toples sisa minyak penggorengan pada bawang sudah benar-benar habis.

Supaya mudah cara meniriskannya, simpan di atas kertas koran atau tisu makan. Karena apabila minyak goreng yang menempel berlebih pada bawang goreng akan mudah cepat tengik. Dan apabila bunda ingin bawang goreng ini lebih awet, bisa bunda simpan di dalam kulkas.

Selamat mencoba, jangan lupa bagikan ke teman bunda yang lain...

Sumber : sedoot.xyz

Postingan populer dari blog ini

Beginilah Cara Mudah Menghilangkan Tulang Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan...Tolong Sebarkan Ya ...

Resep Singkong Thailand yang Empuk dan Lumer di Mulut, Yummy ...

Ajaib, Ini Trik Merebus Telur Supaya Bagian Kuning Telur Bisa Ada di Luar!